Pendidikan
anak usia dini sangat penting karena itu menggunakan kemampuan belajar alami
seorang anak. Ini adalah saat ketika otak mereka mulai dengan tumbuh berkembang
dan menanggapi jutaan potongan informasi yang datang kepada mereka.
Maka
segala sesuatu yang datang kepada mereka adalah hal yang baru untuk dipelajari
dan dipahami .Selama tahun-tahun awal kehidupan seorang anak,banyak yang sangat
berbeda dibandingkan dengan orang dewasa . Ini adalah periode dalam kehidupan
mereka ketika pondasi moral, harga diri, berbicara, visi dunia, dan berjalan,
ditetapkan.
Selain itu,
tahun-tahun awal juga penting untuk pengembangan perilaku kecerdasan,
kepribadian, dan sosial. Jika kemampuan dasar tertentu tidak diterapkan dengan
baik dari awal perkembangan mereka, akan ada kerusakan neurologis,serta potensi
belajar anak dapat terkena dampak negatif.
Pendidikan
anak usia dini juga didasarkan pada apa yang seringkali disebut lima domain
yang saling terkait perkembangan anak yaitu:
- Sosial
– mengacu pada kemampuan untuk bekerja sama dan berbagi, membuat hubungan
jangka panjang, atau bermain dengan orang lain.
- Fisik
– pengembangan keterampilan motorik halus atau kecil dan kotor atau besar.
- Intelektual
– proses dimana anak belajar bagaimana memahami dunia di sekitar mereka.
- Kreatif
– mengacu pada kemampuan khusus yang dihasilkan dalam penciptaan bakat tertentu
seperti seni, musik, membaca, bernyanyi, dan menulis.
- Emosional
– menghadapi dan memahami perasaan sementara pada saat yang sama mengembangkan
kesadaran diri dan kepercayaan diri.
Pendidikan
anak usia dini umumnya mencakup delapan tahun pertama dalam kehidupan
individual seoarang anak. Pendidikan yang diberikan selama tahun-tahun
kehidupan anak memainkan peran yang sangat penting dan membantu dalam
pengembangan yang tepat dari mereka. Pendidikan anak usia dini dapat
fundamental disebut sebagai “Belajar melalui bermain”.Penelitian terbaru telah
menunjukkan bahwa awal delapan tahun dalam setiap kehidupan anak-anak adalah
waktu yang penting karena pada tahap ini otak mereka berkembang .
Pendidikan
anak usia dini adalah fase penting dalam kehidupan dalam hal intelektual
perkembangan anak, emosional dan sosial. Selain itu, titik paling penting untuk
diketahui adalah bahwa pertumbuhan kemampuan mental dengan kecepatan tinggi dan
proporsi yang tepat terjadi selama periode ini.
Setiap anak
belajar kebiasaan dan pola bentuk yang tidak mudah berubah dalam beberapa hal.
Kurangnya interaksi orang tua pada anak usia dini dapat berdampak negatif
terhadap perkembangan anak. Pada akhirnya itu adalah tanggung jawab yang sama
dari orang tua dan tutor untuk menjamin anak-anak memiliki pendidikan anak usia
dini yang baik yang dapat lebih membantu mereka mengembangkan kepribadian
mereka.
Pembelajaran anak usia dini dapat menjadi bagian indah
dari pendidikan anak Anda, sehingga menempatkan sebanyak mungkin agar memberi
anak anda start terbaik dalam hidup dengan memilih fasilitas kualitas dari
pusat penitipan anak yang tersedia di lingkungan Anda.
Sebagai
penutup, pendidikan anak usia dini juga memainkan peran penting dalam aspek
psikososial tertentu termasuk perkembangan kognitif, emosional, dan sosial.
Empat tahap perkembangan kognitif meliputi sensorimotor, pra-operasional,
operasional konkrit, dan formal operasional tahap. Keempat tahap span dari bayi
sampai usia 12 dan seterusnya.Jadi tidak ada salahnya kita pertimbangkan apakah
pendidikan usia dini diperlukan oleh anak –anak kita atau tidak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar