Rabu, 26 Desember 2012

AUD


Pendidikan anak usia dini sangat penting karena itu menggunakan kemampuan belajar alami seorang anak. Ini adalah saat ketika otak mereka mulai dengan tumbuh berkembang dan menanggapi jutaan potongan informasi yang datang kepada  mereka.
Maka segala sesuatu yang datang kepada mereka adalah hal yang baru untuk dipelajari dan dipahami .Selama tahun-tahun awal kehidupan seorang anak,banyak yang sangat berbeda dibandingkan dengan orang dewasa . Ini adalah periode dalam kehidupan mereka ketika pondasi moral, harga diri, berbicara, visi dunia, dan berjalan, ditetapkan.
Selain itu, tahun-tahun awal juga penting untuk pengembangan perilaku kecerdasan, kepribadian, dan sosial. Jika kemampuan dasar tertentu tidak diterapkan dengan baik dari awal perkembangan mereka, akan ada kerusakan neurologis,serta potensi belajar anak dapat terkena dampak negatif.
Pendidikan anak usia dini juga didasarkan pada apa yang seringkali disebut lima domain yang saling terkait perkembangan anak yaitu:
- Sosial – mengacu pada kemampuan untuk bekerja sama dan berbagi, membuat hubungan jangka panjang, atau bermain dengan orang lain.
- Fisik – pengembangan keterampilan motorik halus atau kecil dan kotor atau besar.
- Intelektual – proses dimana anak belajar bagaimana memahami dunia di sekitar mereka.
- Kreatif – mengacu pada kemampuan khusus yang dihasilkan dalam penciptaan bakat tertentu seperti seni, musik, membaca, bernyanyi, dan menulis.
- Emosional – menghadapi dan memahami perasaan sementara pada saat yang sama mengembangkan kesadaran diri dan kepercayaan diri.
Pendidikan anak usia dini umumnya mencakup delapan tahun pertama dalam kehidupan individual seoarang anak. Pendidikan yang diberikan selama tahun-tahun kehidupan anak memainkan peran yang sangat penting dan membantu dalam pengembangan yang tepat dari mereka. Pendidikan anak usia dini dapat fundamental disebut sebagai “Belajar melalui bermain”.Penelitian terbaru telah menunjukkan bahwa awal delapan tahun dalam setiap kehidupan anak-anak adalah waktu yang penting karena pada tahap ini otak mereka berkembang .
Pendidikan anak usia dini adalah fase penting dalam kehidupan dalam hal intelektual perkembangan anak, emosional dan sosial. Selain itu, titik paling penting untuk diketahui adalah bahwa pertumbuhan kemampuan mental dengan kecepatan tinggi dan proporsi yang tepat terjadi selama periode ini.
Setiap anak belajar kebiasaan dan pola bentuk yang tidak mudah berubah dalam beberapa hal. Kurangnya interaksi orang tua pada anak usia dini dapat berdampak negatif terhadap perkembangan anak. Pada akhirnya itu adalah tanggung jawab yang sama dari orang tua dan tutor untuk menjamin anak-anak memiliki pendidikan anak usia dini yang baik yang dapat lebih membantu mereka mengembangkan kepribadian mereka.

Pembelajaran anak usia dini dapat menjadi bagian indah dari pendidikan anak Anda, sehingga menempatkan sebanyak mungkin agar memberi anak anda start terbaik dalam hidup dengan memilih fasilitas kualitas dari pusat penitipan anak yang tersedia di lingkungan Anda.
Sebagai penutup, pendidikan anak usia dini juga memainkan peran penting dalam aspek psikososial tertentu termasuk perkembangan kognitif, emosional, dan sosial. Empat tahap perkembangan kognitif meliputi sensorimotor, pra-operasional, operasional konkrit, dan formal operasional tahap. Keempat tahap span dari bayi sampai usia 12 dan seterusnya.Jadi tidak ada salahnya kita pertimbangkan apakah pendidikan usia dini diperlukan oleh anak –anak kita atau tidak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar