1.Pilihlah
Dua Metode Yang Akan Dianalisa ,Apa Perbedaan Mendasar Dari Metode Tersebut !
A.METODE LAMMA
Metode ini , adalah metode lancar membaca dan menulis
al-qur’an .Metode ini cocok sekali untuk anak usia dini , dan memiliki pendekatan
secara individual dan klasikal.
Pencipta /
penemu metode lamma : metode lamma diciptakan/ditemukan oleh tim penulis
Syahirman S.Ag dkk .badan kerjasama TPA/TPSA kota padang
Tahun
dipublikasikan : Padang,7 mei 2004
Latar
belakang metode lamma : Pengalaman bertahun-tahun
Sdr.Syahirman S.Ag sebagai guru TPA.pengalaman kemudian dituangkan kedalam
tulisan yang diperkenalkan kepada rekan-rekan sesame guru TPA.
Tujuan :
Membantu guru guru TPA ,dan mengajar baik secara
privat atau klasikal dan membantu santri TPA dalam memperlajari ,membaca,dan
menulis al quran .mulai dari tingkat dasar dan membantu program pemerintah kota
padang dalampenuntasan but abaca al quran.
Tujuan hasil
pencapaian peserta didik :
Anak bisa membaca dan menulis huruf al-quran dengan
baik dan benar.maka tiap-tiap pembelajaran didalam buku ini dilampiri dengan
kertas tipis (drosla)yang tujuannya adalah agar setelah santri dapat membaca
dengan baik dan benar kemudian santri akan berlatih menulis bacaan tersebut
dengan cara menciplak dengan kertas droslah yang telah disediakan.
Target
pengguna : Anak usia dini ,anak TPA,
umum .
Prinsip-prinsip
metode lamma :
·
Anak mampu membaca dan menulis al quran dengan baik dan benar
·
Kemampuan membaca dapat di peroleh dari latihan-latihan ,pada
setiap pembelajaran.melalui pendekatan secara individual .
·
Kemampuan menulis dapat diperoleh dari latihan-latihan
menulis ayat al quran,dan menciplak dengan kertas transparan.
·
Buku ini terdiri dari 15 kali pertemuan .
Kelebihan
metode lama
·
Guru sebagai fasilitator
·
Anak mengenan huruf hijaiyah di awal
·
Anak pandai menulis huruf hijaiyah , karena diakhir
pembelajaran anak menciplak huruf hijaiyah dengan menggunakan kertas tipis
(Drosla)
·
Anak mengenal tajwid , sehingga anak bisa membaca al-qur’an
dengan baik dan benar .
·
Metode ini menggunakan 15 pembelajaran . untuk tiap-tiap
pembelajaran disesuaikan dengan waktu belajar di Tpa,Paud,Dsb.
·
Metode ini sesuai dengan karakteristik anak dan sesuai dengan
tingkat umur anak .
·
Dalam metode ini langkah-langkahnya lengkap sehingga mudah di
laksanakan guru atau pendidik .
·
Metode ini bisa digunakan dengan nyanyian,dan berbagai
media .sehinnga menarik bagi anak ,dan anak tidk cepat bosan.
Kelemahan
metode lamma :
·
Metode ini tidak menggunakan kata-kata lembaga,seperti metode
al-barqi .
Langkah-langkah
menerapkan metode lamma :
Pengenalan huruf hijaiyah dari alif sampai ya
Pembelajaran 1 pengenalan tanda baca fathah
Pembelajaran 2 pengenalan tanda baca kasrah
Pembelajaran 3 pengenalan tanda baca dhommah
Pembelajaran 4 pengenalan bacaan berbaris: “a” “I” “u”
Pembelajaran 5 pengenalan tanda mati atau sukun
Pembelajaran 6 pengenalan tanda tanda tasdid
Pembelajaran 7 pengenalan bacaan tanwin
Pembelajaran 8 pengenalan bacaan panjang baris tegak
dan dhommah terbalik
Pembelajaran 9 pengenalan bacaan bertanda alif saksi
Pembelajaran 10 pengenalan bacaan panjang ya mati
Pembelajaran 11 pengenalan bacaan panjang waw mati
Pembelajaran 12 pengenalan bacaan tidak berdengung
Pembelajaran 13 pengenalan bacaan berdengung
Pembelajaran 14 pengenalan bacaan mim bertasdid , dan
nunbertasdid
Pembelajaran 15 pengenalan tanda waqaf
Latihan-latihan baca’an ayat al-qur’an
B.METODE ALBARQI
Pencipta/penemu
metode al-barqi : Penemu “muhadjir sulthon”adalah dosen fakultas adab IAIN
sunan ampel surabaya.
Tahun
diterbitkan: tahun 1965
Latar
belakang metode al-barqi :
Pengalaman penyusun ,dalam
mengajar,karena banyak murid yang mengalami kesulitan dalam belajar dan menulis al-quran.
Target
pengguna :
anak-anak ,hingga dewasa
Metode al-barqi (kilat) dinilai sebgaia metode cepat
membaca al-quran yang paling awal.metode ini disebut metode “anti lupa “ karena
mempunyai struktur yang apabila siswam lupa ,anak bisa mengingatnya kembali
tanpa bantuan guru .Metode albarqi,menggunakan metode kata lembaga dengan
pendekatan global dan bersifat analitik sintetik
Metode ini
menggunakan 4 lembaga :
a-da-ra-ja
ma-ha-ka-ya
ka-ta-wa-na
sa-ma-la-ba
tiap kata lembaga hanya 4 suku kata dan tiap-tiap
lembaga mempunyai arti hingga mudah
dipahami dan dihafal ,kemudian dapat digunakan sebagai kunci rujukan pada
saat anak-anak lupa karena metode ini merupakan metode anti lupa.
Metode ini
menggunakan empat system :
·
Pengamatan sebuah struktur kata/ kalimat
·
Pemisahan
·
Pemilihan
·
Pemanduan
Teknik
penyajiannya yang akurat ,seperti :
-konsentrasi menggunakan titian
ingatan (mengingat sewaktu lupa )
-mengadakan kelompok bunyi untuk
mengenal / pindah dari huruf yang telah dikenal kehuruf sulit .
-insyarat bunyi
-mengelompokkan bentuk huruf untuk
memudahkan belajar menyambung.
Kelebihan
metode albarqi :
·
Menggunakan system 8 jam
·
Praktis untuk segala umur
·
Menggunakan metode yang aktual , yakni SAS(Struktur Analitik Sintetik)
yang memudahkan murid dalam belajar al-qur’an .
·
Cepat dapat membaca huruf sambung
·
Adanya teknik imlak, menulis khat
·
Tidak membosankan karena adanya nyanyian
·
Sangat cepat dipakai secara klasikal
·
Cocok untuk anak usia dini
·
Menurut pakar bahasa , dengan menggunakan kata bermakna
,anak lebih mudah menghafal , dan mudah diingat .
·
Metode yang paling akurat ,dalam mengembangkan baca tulis
al-quran
Kelemahan
metode albarqi
·
Anak tidak mengenal huruf hijaiyah dengan lengkap
·
Huruf hijaiyah diajarkan pada akhir pembelajaran.
·
Anak usia dini ,harus mengembangkan metode dengan
permainan-permainan.
Prinsip
metode al-barqi :
·
Menngunakan titian ingatan untuk mengenalkan bunyi dan
bentuk huruf
·
Menggunakan kemiripan bentuk ,dan bunyi huruf sebelumnya
untuk mengenal huruf yang tidak tercakup dalam kelompok titian ingatan.
·
Langsung dikenalkan pada huruf sambung,selain huruf
tunggal
·
Langsung dikenalkan fathah
,kasrah,dhommah,panjang,pendek,dan tajwid.
Pendekatan
metode al-barqi :
·
Pendekatan klasikal
·
Pendekatan individual
2.Menghasilkan
Sebuah Metode Baru ,Dengan Langkah / Prinsip Baru Dengan Memodifikasi Kedua
Metode Tersebut !
Memodifikasi
metode lamma dan metode al-barqi ,
prinsip/langkah-langkah
sbg :
·
Anak dapat mengenal dan mengetahui huruf hijaiyah
lengkap,(alif sampai ya ) pada awal pembelajaran .
·
Anak dapat menyanyikan huruf hijaiyah dengan berbagai
tanda baca .(fathah,kasrah,dhommah ,dsb )
·
Anak dapat menyanyikan huruf hijaiyah dengan menggunakan
kata lembaga.
·
Anak mengetahui cara menulis huruf hijaiyah ,karena
menggunakan lampiran kertas putih untuk menciplak .
·
Menggunakan kartu huruf hijaiyah,yang berwarna-warni.
·
Anak mengenal huruf sambung(tunggal,awal,tengah,dan
akhir) yang diajarkan seperti metode al-barqi .
·
Anak mengenal tajwid yang diajarkan bertahap pada setiap
pembelajaran,seperti metode lamma.(mad,tanwin,dengung,waqaf,dsb)
·
Anak dievaluasi pada setiap pertemuan,sehingga anak dan
guru tahu , pada bagian yang mana perlu pernaikan dan pengayaan.
·
Pada anak yang mampu menguasai dengan baik ,anak diberi
hadiah.
·
Anak bisa membaca ayat-ayat pendek dengan tajwid dan
irama .
·
Anak bisa membaca al-quran dengan baik dan benar .
siip, Lanjutkan bu guru
BalasHapusAssalamu'alaikum Wr Wb.
BalasHapusSalam kenal dari saya, Romzul, pimpinan Lembaga Pendidikan Al Qur'an ALBARQY. Pusat.
Apabila ada yang ingin mengenal lebihau jauh tentang ALBARQY, silakan kontak kami atau klik www.facebook.com/MetodeAlBArqy
Kalau anak saya belajar hijaiyah via aplikasi, karena buat anak lebih menyenangkan. sebagai contoh aplikasi android belajar hijaiyah bersama nagua, aplikasi ini mengandung animasi dan dukungan suara yang lucu sehingga anak-anak betah belajar hijaiyah sambil bermain. Tetapi tentu saja hal ini tergantung ketentuan masing-masing ortu https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kudobalang.belajarhijaiyah
BalasHapusMaaf, dimana ya afa yg jual nuku metode lamma? Saya mau beli buat bahan skripsi
BalasHapus"Bandar togel singapore terbaik indonesia
BalasHapusAyo segera
Agen TOGEL 4DPOIN,Online Terpercaya.
Minimal Deposit Dan Withdraw 20.000
Keterangan Lebih Lanjut, Anda Bisa Hubungi Disini.
★ Pin BBM : D1A279B6
★Pin BBM : 7B83E334
★Whatsapp : +85598291698
★Skype : Poin.4D
★Line : +85598291698
"